Ramadhan

RAMADHAN

Al Baqarah 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Berpuasa perintah dari Allah yang tidak ditujuhkan kepada seluruh umat Manusia, juga bukan kepada umat Muslim  tapi ditujuhkan khusus kepada hamba hambanya yang telah beriman atau umat islam yang berpredikat Mukmin

Mengapa hanya ditujuhkan kepada umat Mukmin ?, beratkah pelaksanaan perintah itu?,

Pelaksanaan perintah itu kalau dijalankan sebenarnya tidak berat sebab berpuasa adalah tidak di perbolehkannya kita makan, minum, dan memasukkan benda benda pada lubang yang ada pada tubuh kita di mulai imsak sampai di kumandangkannya adzan maghrib. Mungkin anak kecil yang beragama islam mampu melaksanakan perintah itu.

Tetapi mengapa perintah itu hanya di tujuhkan kepada umat Mukmin ?. sebab berpuasa  tidak hanya untuk berhenti makan , minum, dan memasukkan benda benda pada lubang yang ada pada tubuh kita ,tetapi ada kewajiban yang lebih dari itu yaitu tidak diperbolehkannya lidah kita mengucapkan kata kata kotor, mencelah, memaki, memfitnah ……., anggota tubuh kita seperti tangan tidak diperbolehkannya untuk berkelahi atau memukul orang dan mata kita tidak diperkenankan untuk memandang yang bisa merusak kesucian ibadah puasa kita dan masih banyak peraturan peraturan  lain yang perlu dijalankan

Sebenarnya perintah puasa bukan hanya perintah Allah yang ditujuhkan kepada umat Mukmin saja tetapi perintah itu sudah ada sejak zaman dahulu  dan perintah itu juga di bebankan kepada orang orang yang beriman sebelum umat Mukmin ini ada .

Pada masa lalu berpuasa di isukan membawa bencana bagi kesehatan umat manusia dengan menjalankan ibadah puasa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan dan umat Muslim dicercah dengan argument argument yang kurang bisa di pertanggung jawabkan tapi berkat kehebatan tehnologi maka terkuak salah satu kebesaran perintah Tuhannya bahwa berpuasa bukan lah membahayakan tetapi sangat menguntungkan bagi yang menjalankannya .

Kalau dipikir sangat tidak logis apabila yang maha kuasa memberikan perintah kepada hamba hambanya yang bertujuan untuk menyesatkan atau perintahnya membawa mudharat kepada yang melaksanakannya  apabila yang maha kuasa memberikan perintah yang membawa kemudharat an maka sangat  bertentangan dengan suatu ayat yang berbunyi bahwa sesunguhnya seluruh kebaikan datangya dari Aku dan segala keburukan datangnya dari kamu sendiri. Lantas kapan waktu pelaksanaan ibadah puasa ?, pelaksanaannya yaitu pada bulan Rahmadan.

Bulan Ramadhan pada tahun ini menurut penanggalan islam jatuh pada tanggal II agusrus 2010 dan Umat Muslim seluruh dunia bertakbir Allah  hu Akbar  …….. Allah  hu Akbar……….suaranya menggema, sambung menyambung sampai mengetarkan arsy.

Umat Muslim khusunya yang berpredikat Mukmin seluruh dunia  menjalankan perintah Tuhannya yaitu berpuasa pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh . bapak bapak ,ibu ibu , anak anak dan para remaja pada siang hari berpuasa , pada malam hari menjalankan sholat tarawih secara berjamaah dimasjid masjid terdekat.

pada hari hari biasa ibu – ibu mempersiapkan masakan pada pagi hari sebelum keluarganya ber aktifitas, tetapi pada bulan Ramadhan  berubah menjadi tengah malam saat menjelang sahur dan pada sore hari saat menjelang berpuka puasa, apabila suara adzan  mahgrib menggemah  seluruh keluarga berderet didepan meja makan untuk menikmati saat saat kebersamaan indahnya berbuka puasa,

kewajiban umat Muslim khususnya  yang memperoleh predikat Mukmin pada bulan Ramadhan bertambah dengan sholat tarawih dan tadarus atau membaca kitab suci al-qur’an sampai tengah malam ,Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjamaah pada masjid masjid terdekat dan dengan suka rela para ibu ibu memberikan hidangan kepada umat Mukmin yang menjalankan tadarus sampai tengah malam . bulan suci Ramadhan betapa indahnya engkau bulan suci Ramadhan bulan yang selalu ditunggu tunggu kedatangannya tiap tahun bagi seluruh umat Mukmin seluruh dunia.

Semua amal perbuatan Bani Adam adalah untuknya, kecuali shaum adalah untuk dan kepunyaanku, dan akulah yang akan membalasnya. Dan bagi orangyang ber shaum diberikan dua kegembiraan . satu kegembiraan saat berbuka , dan satu kegembiraan saat bertemu dan menjumpai rabbNya. Dan sungguh bau yang keluar dari mulut orang yang ber shaum lebih wangi pada sisi Alaah dari bau kesturi.

HQR . Thabarani dalam al-kabir dari Ibnu Mas’ud.

Apabila telah tiba permulaan bulan Ramadhan, di belenggulah semua setan dan jin yang nakal nakal, dan di tutup rapatlah semua pintu neraka tidak satupun yang terbuka. Dan dibukalah semua pintu surga, tidak satupun yang ditutup, serta di umumkan : “ Wahai orang yang suka melakukan kebajikan menghadaplah…Wahai orang yang suka melakukan kejahatan di persilahkan mundur.” Allah swt. Menetapkan pembebasan orang orang dari neraka selama bulan Ramadhan yang dilakukan  pada tiap tiap malam selama bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat , bulan penuh ampunan, bulan keramat bagi umat Muslim seluruh dunia. Kalau kita perhatikan dengan pola pikir yang jernih apa perbedaan bulan Ramadhan dengan bulan selain bulan Ramadhan ?, pada bulan Ramadhan matahari tetap bersinar dari timur kebarat, pada bulan Ramadhan bumi masih tetap mengelilingi matahari, pada bulan Ramadhan sang rembulan masih setia menyinari bumi , dan pada bulan Ramadhan bintang bintang masih setia dan tidak merasa bosan menghias langit demi mempercantik penampilan jagad raya . lantas dimana perbedan bulan Ramadhan dengan bulan selain bulan Ramadhan?

Perbedan bulan Ramadhan dengan bulan selain bulan Ramadhan terletak pada berubahnya aktifitas umat Muslim seluruh dunia.

Pada bulan Ramadhan umat Muslim ditempah Jasmani maupun rohaninya menuju suatu perbaikan .
Perut sang mesin pengolah makanan, lidah, mata, pendengaran, dan hati  pada bulan Ramadhan dibesihkan.
Dan yang sangat penting pada bulan Ramadhan adalah pembersihan jiwa  .
Pada bulan inilah umat Muslim secara sadar atau tidak sadar mengakui keberadaan Tuhannya yang selalu mengawasi tiap gerak hati dan jiwa.

Setiap perkataan, perbuatan  sangat diperhitungkan masak masak seakan akan ada yang mengawasi  dirinya .Apabila di luar bulan Ramadhan sikapnya  angkuh dan sombong, pelit, suka bergunjing, dan segala macam perbuatan negative  pada bulan ini dikekang mati matian agar puasanya tidak batal.

Pada bulan Ramadhan inilah tidak ada jarak antara sang hamba dengan Tuhannya

Apabila umat islam di indonesia mampu mengambil hikmah bulan Ramadhan maka damailah Indonesia sebab tidak akan ada lagi yang namanya korupsi dan berkuranglah penghuni LAPAS , seorang pimpinan sadar  dengan kedudukannya sedangkan rakyat tahu kewajibannya. Seorang Ulama sadar dengan ilmunya sedangkan umat mengerti  kekurangannya, seorang Suami sadar tentang tanggung jawabnya sedangkan Istri paham dengan kewajibannya . maka tidak diperlukan lagi lembaga yang bernama KPK dan ringanlah tugas kepala Negara beserta Jajarannya. Sebab antara Pemimpin dan yang di Pimpin memahami tentang diri dan tugasnya masing masing, antara Pemimpin dan yang di Pimpin tidak merasa diawasi oleh sesama tetapi diawasi oleh Tuhannya.

Sayang sekali bulan Ramadhan hanya satu bulan dalam setahun dan setelah lepas dari bulan Ramadhan

Kita umat islam di Indonesia kembali seperti semula, yang korupsi kembali korupsi , Sang Pemimpin kembali tidak menyadari tentang kePemimpinannya sedangkan yang di Pimpin tidak mengerti lagi kewajibannya , Sang Pemimpin tidak merasa lagi gerak geriknya diawasi oleh yang maha mengawasi dan yang di Pimpin acuh tak acuh tentang keberadaan Tuhannya.

Bulan Ramadhan bulan dibelengguhnya setan dan iblis , bulan ditutupnya pintu neraka , bulan dibukanya pintu pintu surga, rahmat engkau tebarkan dimana mana , ampunan engkau bagikan pada siapa saja .

Maka berbahagialah yang memahami hikmah Ramadhan dan menyesallah yang tidak memahami arti Ramadhan.

About these ads

Perihal edywitanto
wira wiri mlaku bareng angin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 184 pengikut lainnya.