Rukun Iman & Rukun Islam I

Bismillahhirochmann hirrochim<
Assalamualaikum wr wb,

Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Alloh swt atas segala nikmat dan karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah saw, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Amin.

Rukun islam
Membaca shyahadat, mendirikan sholat, puasa, zakat dan naik  haji kalau mampu

Rukun iman
Percaya kepada Allah, percaya kepada malaikat, percaya kepada nabi & rasul, percaya kepada kitab, percaya kepada hari akhir, percaya kepada takdir

Penulis berkesimpulan bahwa 2 kalimat ini adalah  AD / ART agama islam

rukun islam adalah merk dari ajarannya sedang rukun iman adalah rohnya dan penulis  menganalogikan  seumpama kita membeli rokok satu pak ( bungkus ),

1. kita diberi bungkus beserta isi nya dengan merk  sama tapi merokok merk lain (bingung)
2. kita diberi bunkus Tanpa isi  (tidak mau )
3. kita diberi isi tanpa bungkus  ( tidak  mau )
4. kita diberi bungkus tapi isi lain  ( tidak mau )
5. kita diberi isi bungkusnya lain  ( tidak mau )
6. kita diberi bungkus beserta isi  sama (riil)

contoh no 1
kita diberi bungkus beserta isinya  dengan merk sama  tapi merokok merk lain  (bingung)

Sebelum penulis menguraikan panjang lebar, terlebih dahulu kita amati surat al maidah ayat3 yang isinya -+ :  orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.

Statmen diatas bukan nabi yang mengatakan , bukan alim ulama atau orang orang islam tapi statmen yang maha hak  yaitu yang menurunkan kitab alqur anul karim.

Apakah dengan statmen diatas umat islam menjadi bangga bahwa islam agama yang benar, agama yang dirhidoi oleh sang pencipta, lantas lupa diri, tanpa mengkaji bungkus serta isi dari pada agama islam itu sendiri

Ibarat cerita untung dan buntung
Sibuntung membeli sepeda motor  tapi kesana kemari tetap berjalan kaki atau kalau perlu naik angkot
Lama lama siuntung  penasaran lantas bertanya kepada si buntung “ loh kamu kan punya sepeda motor , tapi…. saya perhatikan kesana kemari kok jalan kaki ?,”

“ saya letakkan didalam rumah,” jawab si buntung,
“untuk apa kamu beli sepeda motor kalau tidak dipakai?,
“ untuk mengikuti jejak orang tua dan kebiasaan orang orang dikampung saya,” jawab sibuntung,
“ lantas kamu tidak ingin belajar mengendarai sepeda motor,” semakin penasaran si untung,
“ tidak, untuk apa aku belajar mengendarai sepeda motor yang penting  aku sudah punya sepeda motor ,… kebiasaan dikampung saya memang begitu ,kalau beli sepeda motor yah..dipajang dirumah .””

lantas kalau kamu pergi kemana mana naik apa ? “
“ kalau dekat ya…jalan kaki tapi kalau jauh…. angkot,kan banyak… hehehehe sambil nyengir”jawab sibuntung
“ lantas tujuanmu beli sepeda motor itu untuk apa ?” Tanya lagi si untung semakin penasaran.
“ ya..untuk meningkatkan status ,…penilaian orang  dikampung, pandangan hidup  dikampung saya siapa yang punya sepeda motor itu dikategorikan orang sukses , karena alsan itulah saya beli sepeda motor ,untuk meningkatkan status ,oke…oke sambil nyegir “jawab sekali lagi sibuntung sambil ngeloyor pergi.

Apakah cerita diatas itu menyindir diri kita
Segala sesuatu yang benar, segala sesuatu yang sempurna, segala sesuatu yang membuat kita nikmat atau puas itu bukan dari statmen, bukan sesuatu yang jatuh dari langit, kebiasaan atau warisan tapi adalah perjuangan untuk membuktikan statmen yang maha benar itu.

Dengan  memilih agama islam seharusnya paham apa itu islam, paham hak dan kewajibannya dalam beragama islam, kalau kita beragama islam tapi tidak paham apa itu islam , wa …. Ya … sama seperti cerita siuntung dengan si buntung.

Sedikit penulis  pamer Atau dikatakan dakwah atau apa terserah, bagaimana kehebatan kitab suci alquran ini

Surat albaqoroh ayat 200 :
Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian  di akhirat

Pada ayat ini diceritakan apabila manusia tujuannya  kehidupan dunia maka di jawab oleh yang maha hak  tidak ada bagian diakhirat ,‘

orang seperti ini agama Cuma dibuat kendaraan untuk mewujudkan keinginannya saja (type orang egois) dan orang semacam ini tidak mungkin mencapai kedamaian . type (tangan orang dibawah )

apakah orang seperti itu mampu mewujudkan seluruh keinginannya,  segala keinginan pasti berbenturan dengan keinginan orang lain atau peraturan peraturan yang telah ada baik yang tertulis atau yang tidak tertulis, jika memaksakan kehendak pasti orang tersebut akan menghalalkan segala macam cara, sikut kanan sikut kiri yang penting tujuan bisa tercapai, kalau tidak tercapai akan berputus asa. Bunuh diri.

Surat albaqoroh ayat 2001 – 2002
Dan diantara mereka ada orang yang ber doa: “ ya tuhan kami , berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan  di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka “

jawaban yang maha hak, pada ayat 2002
Mereka itulah orang orang yang mendapat bahagian daripada yang diusahakan ,dan allah sangat cepat perhitungannya

Orang seperti ini  dikategorikan orang pelit  ( dia mau berbuat kalau ada imbalan yang memadai ) segala tindak tanduk serta perbuatannya dikalkulasi dengan angka angka , status dan pujian.

tipe orang seperti ini tidak akan mencapai kedamaian  sebab dunia tidak mungkin stagnan , ada siang ada malam , ada panas ada hujan , ada pasang ada surut, orang seperti ini mudah berkeluh kesah

Sedang ayat yang terakhir albaqoroh 2007:
Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.

Orang seperti ini dikategorikan orang yang tangannya berada diatas, maka disamping dapat janji surga, yang pasti hidup di dunia ini dia tidak akan merasakan perasaan khawatir, takut dan duka cita .

sebab dia bisa menghilangkan segala sesuatu yang melekat pada dirinya,
atau bahasa kerennya menemukan jatidiri,
bahasa ilmiahnya menemukan aku
Untuk yang otak atik filsafat pasti memahami apa yang penulis ucapkan dengan kata (aku)

tafsiran  surat albaqaroh ayat 207 bila diterapkan pada kehidupan nyata fersi penulis:

Sejak kecil si budi suka sekali sama permainan sepak  bola dan sejak kecil dirinya bercita cita jadi pemain sepak bola demi  mewujudkan keinginannya si budi sekolah sepak bolaserta  berlatih mati matian untuk mewujudkan keinginannya.

setelah dewasa sibudi menjadi pemain terkenal dalam bidang sepak bola dirimya memperoleh uang banyak harta melimpah serta pujian di mana mana,

yang jadi pertanyaan ? …………….
apakah si Budi sukses ? jawabannya ada satu ya,
apakah si Budi bahagia jawabanya ada dua ya dan tidak, why ?????
Orang yang  senang dengan permainan sepak bola berarti harta ,tenaga, waktu jika  perlu nyawa akan dperuntukkan untuk  permainan sepak bola yang menjadi pemikiran nya hanya satu,  Yang penting sepak bola maju .
Karakter  orang seperti ini disamping sukses juga bahagia sebab dia bisa menanggalkan segala sesuatu yang melekat pada dirinya demi yang di sukai atau  yang yang dicintai

( subyek atau pemain) = ( tangan ada diatas)
orang seperi si budi ini bisa mengukir sejarah

Orang yang kedua yaitu si hasan  sama sama sukses dirinya juga memperoleh uang banyak, harta melimpah serta pujian dimana-mana

suatu saat sihasan dikontrak dengan bayaran yang tidak sesuai dengan nama  besar serta keahliannya dia menolak sebab nilai kontaknya tidak sesuai dengan keahlian, nama besar serta ketenarannya .
karakter orang seperti ini sukses ya
bahagia …tidak …

sihasan lebih mencintai dirinya daripada mencintai permainan sepak bola yang menjadi pujaannyan sejak kecil .
orang seperti ini penulis ibaratakan ( tergoda ), sihasan pada permulannya sangat mencintai permainan sepak bola, tanpa sadar sekarang dia lebih mencintai dirinya dari pada mencintai sepak bola
(dari subyek menjadi obyek, pekerja ,tool, atau buah catur )
orang seperti ini tidak akan bisa mengukir sejarah

surat munafiqun ayat 9: Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.
Itulah intisari ajaran agama islam yaitu cinta kasih

Coret coret
Definifisi Kebahagiaan : apabila kita bisa menjual diri kita pada sesuatu yang kita cintai
bukan mengambil keuntungan dari yang kita cintai,
( menjadi subyek bukan  obyek )
Ternyata orang yang tangannya diatas itu lah sumber kebahagiaan dan tangan orang diatas itulah biasanya yang bisa mengukir sejarah

Bersambung  :  No2 kita diberi bungkus tanpa isi pada hal agama

Assalamualaikum wr wb,

Perihal edywitanto
wira wiri mlaku bareng angin

One Response to Rukun Iman & Rukun Islam I

  1. Ping-balik: Yang paling mulia « ISLAM DAN ALQURAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: