AQIQOH

Sebagai orang yang beriman kita menyadari betul bahwa Alloh SWT, Tuhan semesta alam yang menciptakan langit, bumi dan seisinya. Dia jugalah yang menciptakan kita manusia sebagai makhluk yang sempurna. Alhamdulillah, kita diberi jasad yang sempurna, diberi panca indera yang lengkap, diberikan akal pikiran sehingga kita bisa membedakan mana yang hak dan mana yang batil. Kejadian manusia melewati proses yang demikian panjang atas kuasa Alloh, melalui perantara orang tua kita masing-masing. Sejak dari mulai bertemunya air mani dengan indung telur, kemudian terjadilah pembuahan. Setelah itu terbentuklah segumpal darah, atau istilahnya embrio. Selama + 9 bulan embrio tersebut bertumbuh sehingga lahirlah seorang manusia yang berwujud bayi.

Dalam Al Qur’an dijelaskan :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا اْلاِنْسَنَ مِنْ سُلَلَةٍ مِّنْ طِيْنٍ * ثُمَّ جَعَلْنَهُ نُطْفَةً فِى قَرَارٍ مَّكِيْنٍ * ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَمًا فَكَسَوْناَ الْعِظَمَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْ نَهُ خَلْقًا ءَاخَرَ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَلِقِيْنَ

Artinya : Dan sesungguhnya Kami ciptakan manusia dari saripati tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu nutfah (air mani) di dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian Kami jadikan pada nutfah segumpal darah, maka Kami jadikan pada segumpal darah segumpal daging. Maka Kami jadikan segumpal daging tulang belulang, maka Kami bungkus tulang belulang dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka maha barokah Alloh, sebaik-baiknya Dzat yang mencipta. (Q.S. Al Mu’minun : 12-14)

Subhanalloh! Tanda-tanda kekuasaan Alloh begitu nyata dan jelas kita lihat. Adakah kamu sekalian tidak beriman ? Jawabnya, tentu kami beriman. Manusia diciptakan Alloh PASTI akan melalui 5 alam, yaitu : alam ruh, alam kandungan, alam dunia, alam kubur, alam akhirat. Saat ini kita baru sampai pada alam yang ke-3 yaitu alam dunia. Alam dunia adalah alam yang menentukan pada alam berikutnya. Jika baik amalan kita di alam dunia, maka baik pula hasilnya di alam kubur dan alam akhirat. Tapi sebaliknya jika jelek amalan kita di alam dunia, maka jelek pula hasilnya di alam kubur dan alam akhirat. Naudzubillah min dzalik.

Untuk itu kita sebagai orang Islam yang beriman telah diberikan oleh Alloh SWT tuntunan, pedoman, sumber hukum yaitu Al Qur’an dan contoh pengamalan yang diberikan Rosululloh SAW di dalam Hadist. Adapun Qur’an dan Hadist adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Kedua-duanya harus kita pelajari dan kita amalkan agar kita selamat di dunia dan akhirat. Salah satu ibadah kita dalam rangka menetapi sunnah Rosululloh atas setiap manusia yang dilahirkan adalah dengan melaksanakan Walimatul Ghulam atau Aqiqoh.

Pengertian Aqiqah dalam kitab Nailul Authaar V:224, dijelaskan bahwa “Aqiqah ialah hewan yang disembelih karena bayi yang dilahirkan”. Dalam Aqiqah didasarkan kepada Hadist dari Ali ra, bahwa Rasulullah SAW menyembelih seekor kambing dan berkata, “Hai Fatimah, Cukurlah rambut kepalanya dan bersedekahlah seberat timbangan itu dengan perak. Lalu timbanglah, maka timbangannya sama dengan satu dirham atau setengah dirham”.

Hukum Aqiqah

Sunnah Muakkad (Sunnah yang sangat dianjurkan) yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW.

Kewajiban Siapakah ?

Kewajiban bagi si anak yang baru lahir adalah tanggung jawab orang tua yang memikul nafkah anak dari harta sendiri, bukan dari harta si anak. Namun demikian dapat ditunaikan oleh orang lain atas kehendaknya sendiri.
“Rasulullah SAW menyembelih Aqiqah Hasan dan Husein masing-masing dua ekor Qibasy” (HR. Nasal).

Hak-hak Anak Terhadap Orang Tua

Hak-hak anak terhadap orang tua atau kewajiban orang tua terhadap setiap anak yang dilahirkan ada 4 perkara :

1. Mengumandangkan adzan dan qomat pada telinga bayi

Bayi yang baru lahir supaya diadzankan di telinga kanan seperti adzan untuk sholat dan qomat di telinga kiri seperti qomat untuk sholat, agar sang bayi tersebut terbiasa mendengarkan seruan-seruan yang baik, menjadi hamba yang ahli ibadah dan tidak diganggu oleh jin dan syetan.

Dalam hadist dijelaskan :

مَنْ وَلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَذَّنَ فِى أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِى أُذُنِهِ الْيُسْرَى لَمْ تَضُرُّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ * رواه أبو يعلى

Artinya : Barangsiapa yang punya anak baru lahir kemudian dia adzankan pada telinga kanannya (anak) dan qomat pada telinga kirinya (anak), maka Ummus Shibyaan (jin yang suka mengganggu bayi) tidak bisa mengganggunya. (HR. Abu Ya’lam dalam Musnad Hasan)

2. Memberikan nama yang baik

Memberi nama yang baik boleh memakai bahasa Indonesia seperti nama pahlawan, nama para sahabat nabi, nama para ulama dan tokoh-tokoh Islam. Yang penting makna dari nama tersebut baik, boleh memakai bahasa Arab seperti tuntunan para Rosul. Jangan memberikan nama-nama yang tidak baik, tidak bermakna, atau nama musuh-musuh Islam.

Hadist Rosululloh SAW :

قَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : إِنَّكُمْ تُدْعَوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِأَسْمَائِكُمْ وَأَسْمَاءِ أَباَ ئِكُمْ فَأَحْسِنُوْا أَسْمَاءَكُمْ * رواه ابو داود

Artinya :Rasululloh SAW bersabda : Sesungguhnya kalian diundang / dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak-bapak kalian, maka bagusilah nama-nama kalian. (HR. Abu Daud)

3. Mendidik budi pekerti yang baik

Orang tua wajib memberikan pendidikan yang baik terhadap anaknya, baik pendidikan dunia maupun pendidikan agama dan budi pekertinya. Anak supaya dididik agar bisa mengaji Qur’an dan Hadist sehingga mengerti pahala dan dosa, mengerti halal dan haram, mengerti ibadah yang benar dan yang salah, serta mengerti surga dan neraka. Firman Alloh SWT :

وَاعْلَمُوْا اَنَّمَا اَمْوَا لُكُمْ وَاَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةٌ وَّاَنَّ اللهَ عِنْدَهُ اَجْرٌ عَظِيْمٌ

Artinya : Dan ketahuilah sesungguhnya harta-harta kalian dan anak-anak kalian adalah fitnah (cobaan). Dan sesungguhnya Alloh, di sisi-Nya ada pahala yang besar. (QS. Al Anfaal : 28)

Rosululloh SAW bersabda :

مَا مِنْ مَوْلُوْدٍ اِلاَّ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَ بَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُشَرِّكَانِهِ * رواه مسلم

Artinya : Tidak ada dari anak kecuali dilahirkan atas keadaan suci (Islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya yahudi dan menjadikannya nasrani dan menjadikannya musyrik. (HR. Muslim)

Sabda Rosululloh SAW :

أَدِّبُوْا أًوْلاَدَكُمْ عَلَى ثَلاَثِ خِصَالٍى : حُبِّ نَبِيِّكُمْ وَحُبِّ أَهْلِ بَيْتِهِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْاَنِ فَإِنَّ حَمَلَةَ الْقُرْاَنِ فِى ضِلِّ اللهِ يَوْمَ لاَ ضِلَّ إِلاَّ ضِلُّهُ مَعَ أَنْبِيَائِهِ وَأَصْفِيَائِهِ * رواه ابو النصر والديلم

Artinya : Didiklah anak-anak kalian atas tiga perkara :

  1. Mencintai nabi kalian
  2. Mencintai anggota rumahnya
  3. Mencintai membaca Al Qur’an

Karena sesungguhnya pembawa Al Qur’an (orang yang dapat menguasai Al Qur’an) kelak berada dalam naungan Alloh pada hari yang tidak ada naungan lagi kecuali naungan-Nya, dia bersama para nabi-Nya dan para orang pilihan-Nya. (HR. Abu Nashr dan Ad Dailami)

4. Menikahkan bila sudah dewasa

Kewajiban orang tua yang terakhir terhadap anaknya adalah menikahkannya bila sudah sampai dewasa (baligh). Sabda Rosululloh SAW :

إِنَّ مِنْ حَقِّ الْوَلَدِ عَلَى وَالِدِهِ أَنْ يُعَلِّمَهُ الْكِتَابَةَ وَاَنْ يُحَسِّنَ إِسْمُهُ وَاَنْ يُزَوِّجَهُ اِذَا بَلَغَ * رواه ابنو ماجه

Artinya : Sesungguhnya sebagian dari hak anak atas orang tuanya yaitu mengajarinya tulis-menulis, membagusi namanya dan menikahkannya ketika dia telah baligh. (HR Ibnu Majah)

Jenis Hewan yang dijadikan Aqiqah

Syarat hewan yang boleh disembelih sebagai Aqiqah sama dengan syarat hewan qurban. Jelasnya jika hewan tersebut boleh dan sah dijadikan qurban maka sah pula dijadikan Aqiqah. Syarat itu adalah bahwa tidak boleh disembelih hewan cacat, yang kurus, yang sakit dan yang patah kakinya. Mengenai jenis apakah jantan atau kah yang betina, “… tidak memberatkanmu apakah kambing itu jantan atau betina” (HR. Ahmad).

Waktu Penyembelihan

Diutamakan pelaksanaan Aqiqah pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahiran anak, adapun kalau belum bisa, boleh hari ke 14, 21, ataupun kapan saja ia mampu.
Imam Malik berkata : “Pada dhohirnya bahwa keterikatan pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4, 8, 10 atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan, bukan menyulitkan.

Pendapat Imam Malik ini menjelaskan bahwa melakukan Aqiqah kapan saja boleh, namun diutamakan pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya.

Pengertian Aqiqoh

Apa itu Aqiqoh? Aqiqoh itu ya kekah atau ada yang mengatakan salapanan. Prakteknya aqiqoh adalah untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan disembelihkan 1 ekor kambing.Hal tersebut dimaksudkan mengingat bahwa anak laki-laki itu mempunyai kewajiban ganda dari anak perempuan. Adapun kambing yang diperbolehkan untuk aqiqoh adalah sama dengan kambing untuk qurban yaitu kambing yang sudah berumur 1 tahun dan tidak cacat anggota badannya.

Aqiqoh berdasarkan sabda Rosululloh SAW :

مَنْ وُلِدَ لَهُ غُلاَمٌ فَلْيَعُقَّ عَنْهُ مِنَ اْلإِبِلِ أَوِالْبَقَرِ أَوِالْغَنَمِ * رواه الطبرانى فى الصغير

Artinya : Barangsiapa yang punya anak baru lahir, maka hendaklah dia aqiqoh dari anaknya itu (boleh) dari unta, atau sapi, atau kambing. (HR Thobroni fis Shoghir)

عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ لاَ يَضُرُّكُمْ أَذُكْرَاناً كُنَّ أَمْ إِناَثاً * رواه ابو داود

Artinya : (Aqiqoh) dari anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menjadi masalah apakah (yang untuk aqiqoh) itu kambing-kambing jantan ataukah kambing-kambing betina. (HR. Abu Daud)

Mengapa Aqiqoh itu disembelihkan kambing? Rosululloh SAW bersabda :

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسَهُ وَيُسَمَّى * رواه النساء ج ۷ ص ١٦٦

Artinya : Tiap-tiap anak yang dilahirkan itu merupakan gadaian / titipan dari Alloh, maka sebagai tebusannya agar disembelihkan kambing pada usia yang ke-7 harinya kemudian dicukur rambutnya dan diberi nama (HR. An Nasa’I juz 7 hal 166)

Penjelasan tentang yang dimaksud dengan rohinun / gadaian, di dalam hadist dijelaskan :

وَلِنَّاسِ فِيْهِ كَلاَمٌ قَلَ اَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلِ : هَذَا فِى الشَّفَاعَةِ يُرِيْدُ اَنَّهُ اِذَا لَمْ يُعَقَّ عَنْهُ فَمَاتَ طِفْلاً لَمْ يَشْفَعْ فِى وَالَدِيْهِ * رواه ابو داود

Artinya : Adapun gadaian bagi manusia dikatakan Imam Ahmad bin Hambali : Aqiqoh ini ada hubungannya dengan urusan syafa’at, yang dimaksud adalah bahwa kalau seorang anak belum diaqiqohi darinya, kemudian mati masih kecil (anak-anak) maka ia tidak bisa memberikan syafa’at kepada kedua orang tuanya. (HR. Abu Daud)

Timbul pertanyaan : Apakah ada ketentuan selain Aqiqoh yang dilaksanakan pada usia yang ke-7 harinya? Di dalam hadist dijelaskan :

الْعَقِيْقَةُ تُدْبَحُ لِسَبْعِ اَوْ ِلأَرْبَعِ عَشَرَةَ اَوْ لاِءِحْدَى وَعِشْرِيْنَ * رواه الطبرانى

Artinya : Aqiqoh itu prakteknya disembelihkan (kambing) pada hari ke-7 (tujuh) atau pada hari ke-14 (empat belas) atau pada hari yang ke-21 (dua puluh satu). (HR. Thobroni)

Pertanyaan kedua: Hadist di atas tadi menjelaskan bahwa aqiqoh untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing. Bagaimana kalau orang tuanya hanya mampu menyembelihkan 1 ekor kambing? Hadist lain diterangkan :

اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْسًا كَبْسًا * رواه ابو داود

Artinya : Sesungguhnya Rosululloh SAW mengaqiqohi (cucunya) Hasan dan Husein, masing-masing satu ekor kambing. (HR. Abu Daud)

Jadi boleh-boleh saja menurut kemampuan masing-masing. Karena addinu yusrun = agama itu mudah

Pertanyaan ketiga : Bagaimana jika pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 masih belum mampu untuk melaksanakan aqiqoh? Dalam hadist diterangkan :

اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ النُّبُوَّةِ * رواه البيهقى ج ۹ ص ۲۰۰

Artinya : Sesungguhnya Rosululloh SAW mengaqiqohi dirinya sesudah beliau menjadi nabi. (HR. Baihaqi juz 9 hal 200)

Pertanyaan keempat : Bagaimana doanya ketika menyembelih hewan untuk aqiqoh?

قَلَ عَطَاءٌ : اِذَا ذَبَعْتَ فَقُلْ بِسْمِ اللهِ وَاللهُ اَكْبَرُ هَذِهِ عَقِيْقَةُ فُلاَنٍ

Artinya : Atho berkata : Ketika engkau menyembelih (untuk aqiqoh) maka ucapkanlah / berdoalah: بِسْمِ اللهِ وَاللهُ اَكْبَرُ هَذِهِ عَقِيْقَةُ …. سبوت نامايا  Dengan nama Alloh dan Alloh Maha Besar. Ini aqiqohnya….. (sebut namanya)

Aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan

Yang afdhol, anak laki-laki disembelihkan 2 (dua) ekor kambing, sedangkan anak perempuan 1 (satu) ekor kambing, namun ada yang membolehkan untuk anak laki-laki cukup satu ekor, terutama apabila dalam kesempitan, berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra. Bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW telah menaqiqahkan Hasan dan Husein satu kambing satu kambing.

Daging Aqiqah dapat dibagi tiga yaitu:
1. Dimakan sendiri.
2. Disedekahkan kepada fakir miskin.
3. Dihadiahkan kepada jiran/tetangga, kenalan dan sebagiannya.

Sebaiknya daging Aqiqah itu dimasak dahulu baru dibagikan dengan maksud untuk mempermudah orang yang dibagi. Juga boleh dimakan sendiri, namun tidak lebih dari sepertiga bagian.

Tidak boleh menjual daging Aqiqah

Hukum daging Aqiqah sama dengan qurban, yakni tidak boleh menjualnya kepada orang. Karena syariatnya adalah dengan dibagikan.

Doa ketika menyembelih Aqiqah

Bismillah, Allahu Akbar. Allahumma Sholli’ala Muhammad wa ‘ala alihi wa sallim. Allahuma minka wa ‘alaika, taqobbal hadzihi ‘aqiqatu min fulan …..

Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah dari Engkau dan untuk Engkau, inilah Aqiqah untuk …. (HR. Abu Ya’a dan Al Bazzar).

Mencukur dan memberi nama

Selain memotong kambing / domba di hari ke 7, kemudian rambut si bayi dicukur, kemudian rambut itu ditimbang dengan perak. Seberat timbangan itulah orang tua bersedekah kepada fakir miskin.

Anak hendaknya diberi nama yang baik sesuai dengan sabda Rasulullah, memberikan nama yang baik diharapkan akan mempengaruhi kepada yang punya nama.

“Sesungguhnya kamu akan dipanggil nanti di hari kiamat dengan namamu dan bapakmu, sebab itu baguskanlah namamu” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Walimatul Ghulam (Aqiqoh) yang merupakan sunnah Rosululloh SAW. Kita sebagai pengikutnya harus menjadikannya contoh di dalam kehidupan kita. Karena pada diri Rosululloh SAW ada uswatun hasanah (contoh yang baik).

Semoga Allah senantiasa menetapkan keimanan, ketaqwaan serta hidayahNya kepada kita semua dan menjauhkan kita dari segala dosa-dosa, pelanggaran dan maksiat agar kita semua bisa sama-sama masuk surga dan terhindar dari neraka. Amiin…!!

Mudah-mudahan tulisan ini membawa manfaat dan barokah.

الحمد لله جزا كم الله خيرا

 

 

11 Responses to AQIQOH

  1. Assalamu’alaikum.. Sya ingin bertanya… Mengapa orang orang tua kita menentukan hari salapanan 35-40 hari setelah bayi lahir?dan bayi jika di bawa jalan jauh sebelum salapanan nanti bayi sakit atau apalah yg menurut saya ga masuk akal. Mohon penjelasannya. Terima kasih, wassalamu’alaikum

  2. edywitanto says:

    Waalaikum.Salam Wr.Wb.

    Dalam budaya Jawa, kelahiran seorang anak manusia ke dunia, selain merupakan anugerah yang sangat besar, juga mempunyai makna tertentu. Oleh karena itu, pada masa mengandung bayi hingga bayi lahir, masyarakat Jawa mempunyai beberapa uapacara adat untuk menyambut kelahiran bayi tersebut. Upacara-upacara tersebut antara lain adalah mitoni, upacara mendhem ari-ari, brokohan, upacara puputan, sepasaran dan selapanan

    Selapanan dilakukan 35 hari setelah kelahiran bayi. Pada hari ke 35 ini, hari lahir si bayi akan terulang lagi. Misalnya bayi yang lahir hari Rabu Pon (hari weton-nya), maka selapanannya akan jatuh di Hari Rabu Pon lagi. Pada penanggalan Jawa, yang berjumlah 5 (Wage, Pahing, Pon, Kliwon, Legi) akan bertemu pada hari 35 dengan hari di penanggalan masehi yang berjumlah 7 hari. Logikanya, hari ke 35, maka akan bertemu angka dari kelipatan 5 dan 7. Di luar logika itu, selapanan mempunyai makna yang sangat kuat bagi kehidupan si bayi. Berulangnya hari weton bayi, pantas untuk dirayakan seperti ulang tahun. Namun selapanan utamanya dilakukan sebagai wujud syukur atas kelahiran dan kesehatan bayi.

    Al Baqarah 255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

    Al hujurat. 13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

    1. Budaya dengan Agama jelas tidak sama

    Alquran diturunkan di jazirah arab otomatis di dalam wahyu banyak berinteraksi dengan budaya arab contoh hukum salib, mengundi anak panah dll

    AlHujurat. 13 menjelaskan :
    budaya tidak boleh di perangi atau dikikis habis, diganti dengan akidah murni (Alquran dan Hadist dengan pemikiran hitam putih ) akan tetapi budaya diperbolehkan dan harus di pelihara supaya kekekayaan budaya setempat saling kenal mengenal dengan budaya lain, yang terpenting adalah budaya harus mendukung agama bukan sebaliknya agama mengikuti budaya
    mungkin pada dahulunya saat melakukan ritual, doanya ditujuhkan kepada nenek moyang maka setelah ada islam, doanya harus diganti kepada yang maha kuasa
    Anda masih ingat cerita 9 wali, sunan kalijogolah yang sukses mengintrepetsikan alhujurat .13. dengan baik dan benar

    2. budaya tidak semuanya logika akan tetapi juga wilayah hati ( rasa )
    Orang barat sifatnya terus terang. orang jepang sifatnya berkelompok atau team, orang indonesia terutama orang jawa sifatnya halus dan berpersaan, orang arab sifatnya kasar dll
    biasanya budaya suatu kelompok atau bangsa sangat di pengaruhi oleh alam sekitar dimana mereka tinggal ( ilmu sosiologi )

    budaya adalah cerminan karakter suatu kelompok atau bangsa, cara pengungkapannya ada yang masuk akal dan ada yang tidak masuk akal
    budaya china : jangan beli rumah yang sunduk sate nanti rejekinya habis terus, apabila diselidiki dengan seksama ternyata tidak nyambung antara rumah dengan rejeki
    banyak contoh budaya yang tidak masuk akal

    maka benarlah surat albaqarah 255
    Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

    Agamapun ada yang logika dan tidak logika
    sholat ishak 4 rokaat, subuh 2 rokaat, dhuhur dan ashhar 4 rokaat, maghrib 3 rokaat ini adlah dogma atau aturan baku, pengikutnya tidak boleh merubah dan di akalkan.
    mengapa kita harus mengikuti dogma dan tidak protes ?

    sebab segala sesuatu didunia ini ada yang harus dipecahkan dengan logika akan tetapi ada yang harus dipacahkan dengan hati(rasa), laki-laki berjalan dengan logika wanita berjalan dengan rasa apabila kita bisa menempatkan diri dengan benar inilah yang di namakan insan khamil

    kalau benar datangnya dari Allah, kalau salah datangnya dari saya sendiri

  3. manto says:

    Alahmadulillah…

  4. salony urody says:

    There is obviously a bundle to realize about this. I think you made certain nice points in features also.

  5. Absolutely fantastic post! Many thanks a bunch for all with the perform on it. This is exactly the type of analysis people today need to see! Wonderful job.

  6. It is especially rewarding to see you continuing to practice what you preach in a very simple and unequivocal way. Many thanks in your willingness to spend your time in the lab testing what really works and then freely sharing the results along with the rest of us.

  7. These are seriously cool templates. Thank you for the inspiration.

  8. santoso says:

    alhamdulillah saya jadi tambah wawasan

  9. you might have an awesome weblog listed here! would you prefer to make some invite blogposts on my weblog?

  10. Van Matlow says:

    Say, you got a great site report.Thanks Once again. Genuinely Great.

  11. Hong Helberg says:

    Some truly wonderful posts on this internet site, regards for contribution. “Gratitude is merely the secret hope of further favors.” by La Rochefoucauld.

Tinggalkan komentar